Bahaya Merokok





Rokok mengandung zat yang dapat menyebabkan seseorang ketagihan. Asap rokok mengandung bahan-bahan beracun yang dapat meracuni pengisapnya (perokok aktif) maupun orang-orang di sekitarnya (perokok pasif).
Tiga bahan kimia paling berbahaya dalam rokok ialah tar, nikotin, dan karbonmonoksida.
Tar
Asap rokok mengandung tar. Tar yang terkumpul di sekitar paru-paru akan mendingin dan masuk ke dalam paru-paru. Tar merupakan bahan kimia beracun yang bersifat karsinogenik, yaitu dapat menimbulkan kanker.
Nikotin
Nikotin dikenal sebagai salah satu racun yang paling kuat. Nikotin merangsang pelepasan hormon adrenalin ke dalam darah. Hormon ini menyebabkan peningkatan detak jantung dan tekanan darah.
Karbonmonoksida
Dalam jangka waktu lama, kandungan karbonmonoksida yang tinggi dapat menyebabkan pengerasan pembuluh darah, terutama pembuluh darah yang membawa oksigen ke otot jantung.

Lihatlah video-video di bawah ini.


Bayangkanlah jika botol tersebut adalah paru-paru kalian yang dimasuki asap rokok selama lebih dari satu kali. Melihat analogi seperti di video tersebut, semoga saja membuat kita menjauhi sebuah batang bernama rokok. Lihatlah kembali video di bawah ini.


Dari video tersebut, digambarkan seberapa bahayanya rokok bagi paru-paru kita. Setiap batang rokok dapat membahayakan tubuh kita khususnya bagi saluran pernapasan. Penyakit akibat merokok berhubungan dengan paru-paru dan jantung. Merokok dapat menyebabkan penyakit bronkitis, emfisema, kanker paru-paru, dan penyakit jantung. Wanita hamil yang merokok juga membahayakan bayi yang dikandungnya. Bahaya dari rokok ini tidak hanya merugikan para perokok aktif, tetapi juga perokok pasif. 

Setelah kamu mempelajari materi di atas, kerjakanlah sesuai petunjuk dibawah ini:
Klik di sini untuk mengakses tugas kelompok.
Klik di sini untuk mengakses tugas individu.
Klik di sini untuk memberikan pesan-singkat.

Kembali ke materi Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pernapasan Manusia, Klik di sini.





0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai materi di atas, silahkan cantumkan di bawah ini....