LKS Materi Bahaya Rokok

ROKOK TAK KENAL TEMPAT, USIA DAN JENIS KELAMIN

Pernahkah kalian berpura-pura batuk atau berusaha membuka jendela ketika sedang berada di dalam angkutan umum (angkot)? Salah satu teman kita, sebut saja namanya Dinda. Ketika Dinda sedang naik angkot, ada seorang pemuda menaiki angkot tersebut sambil membawa sebatang rokok. Pemuda tersebut langsung masuk ke bangku pojok dan melanjutkan hisapan rokoknya. Tentu saja hal yang dilakukan pemuda itu menganggu penumpang lainnya, salah satunya yaitu Dinda. Dinda dan penumpang lainnya menjadi terbatuk-batuk dan menutup hidungnya. Ketika itu, Dinda merasa bingung, bagaimana para perokok tetap melanjutkan hisapan rokoknya padahal peringatan mengenai bahaya rokok selalu ada di setiap bungkus rokok, iklan televisi, maupun billboard iklan di jalanan.  Rokok tidak hanya dikenal oleh pemuda saja, rokok juga sudah dikenal bahkan disukai oleh anak kecil, pelajar, orang dewasa, kakek dan nenek, bahkan saat ini tak jarang perempuan juga merokok. Namun, di sisi lain, perusahaan-perusahaan rokok seringkali menjadi pemasok dana terbesar bagi organisasi-organisasi yang menggunakan rokok sebagai sponsor.
Dari sekilas wacana di atas, dapatkah kamu mengidentifikasi beberapa permasalahan yang dapat diambil dari wacana di atas?
1.       Pernahkah kalian mengalami hal yang sama seperti yang dialami oleh Dinda?
2.     Jika pernah, apa yang kalian lakukan untuk menghadapi perokok di dalam angkot?
3.      Zat apa saja yang terkandung dalam sebatang rokok tersebut?
4.     Bagaimana pengaruh dari zat-zat tersebut bagi saluran pernapasan pada khususnya dan kesehatan tubuh pada umumnya?
5.     Peringatan mengenai bahaya rokok yang mengatakan bahwa “merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin” terkesan seperti angin lalu. Menurutmu, mengapa masih banyak orang merokok meskipun sudah banyak diberikan peringatan mengenai masalah rokok?
6.     Pemerintah sudah berupaya meminimalisasi terjadinya kasus seperti pada wacana di atas dengan mengeluarkan aturan mengenai larangan merokok di tempat umum. Namun, peraturan ini pun seperti hanya formalitas saja. Uraikanlah pendapatmu, bagaimana hal tersebut harus diatasi?
7.      Menurut kalian, bagaimana cara terbaik untuk mengatasi masalah kecanduan merokok?
8.      Menurut kelompok kalian, setujukah kalian dengan adanya produk rokok di pemerintahan kita? Uraikan alasanmu!

PETUNJUK!
1.     Kerjakanlah tugas mengenai wacana rokok ini bersama teman sekelompokmu.
2.    Buatlah dalam bentuk file power point, dengan memperhatikan hal-hal di bawah ini:
a.     Jenis huruf boleh apa saja, yang penting dapat terbaca. Ukuran huruf tidak terlalu kecil.
b.     Uraikan jawabanmu dengan disertai data-data yang dapat dipercaya. Anda dapat memasukkan data berupa teks, gambar, maupun video terkait.
c.      Anda dapat berkreasi dalam file power point tersebut.
d.     Beberapa kelompok yang terpilih akan mempresentasikan hasilnya di depan kelas.
e.  Tugas ini dikumpulkan dalam bentuk print handout file PPT dan soft copy via email ke riksa_ilma.isfiani@yahoo.com
f.   Tugas ini bukan makalah, hanya file presentasi power point saja. Jadi, kerjakan dengan singkat, padat, dan jelas. :)
3.    Selamat mengerjakan. 

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai materi di atas, silahkan cantumkan di bawah ini....